Sabtu, 15 Oktober 2011

Teka-Teki Imam Al-Ghazali


Suatu hari Imam Al Ghazali berkumpul dengan murid-muridnya dan kemudian beliau memberikan teka-tekinya ...
1. Apa yang PALING DEKAT dengan diri kita?
Yang paling dekat dengan kita ialah MATI. Sebab itu adalah janji Allah SWT bahwa setiap yang berjiwa pasti akan merasakan mati (Surah Ali-Imran : 185)
2. Apa yang PALING JAUH dari kita di dunia ini?
Yang paling jauh dari kita adalah MASA LALU. Bagaimanapun kita, apapun kendaraan kita, tetap kita tidak akan dapat kembali ke masa yang lalu.Oleh sebab itu kita harus menjaga hari ini,hari esok dan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan ajaran agama.
3. Apa yang PALING BESAR di dunia ini?
Yang paling besar sekali adalah HAWA NAFSU (Surah Al A'raf:179).
"Dan sesungguhnya kami jadikan untuk (isi neraka jahanam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai mempunyai hati,tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah SWT) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah SWT). Mereka itu sebagai binatang ternak,bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itu orang-orang yang lalai".
4. Apa yang PALING BERAT di dunia ini?
Yang paling berat adalah MEMEGANG AMANAH (Surah Al-Ahzab:72)
"Sesungguhnya kami telah mengemukakan amanat kepada langit,bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan memikul amanat itu dan mereka khawatir akan menghianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh."
5. Apa yang PALING RINGAN di dunia ini?
Yang paling ringan sekali di dunia ini adalah MENINGGALKAN SHALAT. Manusia gampang sekali meninggalkan shalat hanya karena alasan pekerjaan atau urusan-urusan dunia.
6. Apa yang PALING TAJAM sekali di dunia ini?
Yang paling tajam sekali di dunia ini adalah LIDAH MANUSIA. Karena melalui lidah, manusia dengan mudahnya menyakiti hati dan melukai perasaan saudaranya sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

 

if you get lost, find your polaris ......... Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino